Selasa, 22 Januari 2013

Penyebab Motherboard Rusak

Penyebab umum terjadinya Eror pada Motherboard
Motherboard merupakan perangkat keras yang memiliki fungsi organisir terhadap beberapa perangkat yang terinstal pada papan motherboard Computer.  Motherboard sebagai Perangkat keras yang memiliki peran khusus jika dibandingkan dengan perangkat lain. Hal ini mengapa pada Desktop Computer merekomendasikan tentang tata cara instalasi pada perangkat lainya secara benar. Faktor internal maupun External bisa saja menyebabkan eror pada Motherboard.

1. Minimnya pengetahuan terhadap perangkat komputer
Pada beberapa kasus, sering kita menjumpai motherboar mati bukan karena motherboardnya yang dari segi kualitas sidak bagus. Tapi banyak disebabkan karena pada waktu proses instalasi perangkat lainya tidak didukung oleh support motherboard yang dipakai. Contoh, penggunaan PS yang tidak standard, Pemasangan/ instalasi hardware yang kurang baik dan lain-lain.

2. Arus Listrik yang tidak stabil
Arus merupakan sumber energi pada Desktop Computer. Arus mensuplay ke semua perangkat hardware terlebih pada motherboard yang merupakan papan inti terhadap pembagian arus listrik ke berbagai penjuru hardware. Tegangan arus listrik yang tidak bisa menyebabkan fatal eror pada motherboard. Bukan hanya itu, namun bisa menyebabkan eror pada perangkat lainya.

3. Human Error
Disamping dari kedua diatas, Human error sering menyebabkan kerusakan pada perangkat hardware. Penggunaan yang tidak didukung oleh perangkat yang mensupport kerja komputer bisa menyebabkan Eror pada Perangkat komputer. Seperti Game-game besar yang secara umum spesifikasi komputer tersebut tidak mampu menjalanka namun kita paksakan untuk menjalankan game tersebut. yang terjadi adalah Over Computer Usage.

Apakah Motherboar yang Mati Total bisa  diperbaiki?
Motherboard yang telah mati ataupun eror bisa diperbaiki dengan catatan kerusakan tidak fatal. Kerusakan fatal seperti eror pada kedua Chipset, Baik South Bridge maupun Nortbridge, dan kerusakan pada jalur Socket processor. ( Jalur socket PGA maupun Socket LGA)

Kerusakan diatas merupakan kerusakan yang fatal. Jika berinisiatif  ingin memperbaiki seperti eror diatas harus pada orang yang benar-benar ahli dibidangnya. Ahli dalam hal skil maupun peralatan yang memadahi untuk pengangkatan paca Chip tersebut.

Kerusakan Motherboard yang layak untuk  diperbaiki
Ada beberapa macam eror pada motherboard yang masih lazim untuk diperbaiki. Kerusakan atau eror motherboard ringan meliputi eror pada salah satu komponen tunggal yang hanya sebagai penghantar dan memiliki fungsi tunggal. Seperti eror pada Elco / kapasitor, Resistor, putus jalur pada PCB. Dari eror tersebut ada kemungkinan berhasil jika motherboard di servis. Servis pada kasus seperti ini merupakan limit Cost/ biaya yang dikeluarkan tidak begitu memberatkan (dengan biaya murah) Jikapun nantinya mati, hal ini tidak begitu mengecewakan.

Bagaimana cara mudah memperbaiki motherboard komputer yang mati total?
Sebenarnya untuk memperbaiki Motherboard yang sudah mati total sama saja membuang waktu dan biaya. Mengapa demikian? Jika kita sebagai Common Usage / pengguna komputer biasa, Cost/biaya yang dikeluarkan untuk menservis motherboard tidak sepadan dengan hasil  yang didapatkan. Seperti contoh, jika Motherboard yang eror adalah Chipset Nortbridge,  tentu saja chipset harus di angkat dan diganti dengan Chipset yang memiliki seri yang sama agar motherboard bisa bekerja secara normal.

Kemungkinan besar yang terjadi pada saat pengangkatan chipset terjadi Over / panas yang berlebihan sehingga menyebabkan Chipset yang diganti tidak tahap terhadap temperatur panas. pada pengangkatan Chipset memerlukan suhu panas kurang lebih 150 derajat C. ini bisa menyebabkan komponen yang ada pada sekitar Chipset mati karena efek panas yang berlebih.

Ciri-ciri fisik pada motherboard yang mati
1. tidak mau masuk menu bios
2. masuk menu bios tapi macet
3. masuk menu bios tp tidak bisa login ke windows
4. Motherboard hanya menampiklan logo bios saja
5. Motherboard masih hidup tp tidak bisa tampil menu bios

Tips sederhana ( Jika anda tidak yakin jangan lakukan saran dibawah ini). Ini hanya pengalaman apa yang pernah saya lakukan sebelumnya.
Jika menemukan kasus yang seperti di atas, bisa dilakukan dengan cara mudah dan manual untuk mengetes apakah motherboard masih bisa bekerja apa tidak nya. Cukup masukan motherboard ke tiner kurang lebih selama 2 menit. kemudian blower sampai kering. Jangan terlalu lama masalahnya tider disini difungsikan sebagai pembersih saja.

Jika telah kering melalui proses blower kemudian cek. Jika hal ini tidak berhasil berarti anda belum berhasil atau memang motherboardnya sudah parah erornya.

69 komentar:

  1. kak boat saya itu sama dengan gambar diatas ..
    yang saya mau tanyakan setiap saya mau nyalakan kom pasti kom nya gak mau masuk ke menu dan gak terdengar suara thing dan lampu hardisk nya gak mau nyala...
    powersupaly masih bagus,,,
    mohon solusi dan saran nya

    BalasHapus
  2. Bro kalau PC ane cuma mentok di logo windows aja..apa ya solusinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo mentok di logo windows ada system window yang rusak kalo saya sih instal ulang ja

      Hapus
  3. Kalo PC nyala, mouse connect, tapi monitor gak ke detect dari motherboard bukan? Lampu LED jga nyala

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Bersihkan socket Ram dan Ram ny pakai penghapus di bagian yang berwarna kuning saja. jika masih tetap gk muncul di layar ada kemungkinan RAM rusak

      Hapus
  4. untuk Michael coba ganti kabel monitor ke pc nya, qw jg pernah ngalamin sperti itu.

    BalasHapus
  5. Kalau begini
    Komputer menyala monitor gak ada tampilan keyboard tombol num lock gak menyala gak ada suara biiip dvd bisa keluar
    Itu rusaknya yang mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kaya ane bos. coba cek elco nya apa ada yg melendung ? lalu cek prosesor, kalo hangat berarti normal. kemudian cek ram nya, bersihkan kaki ram pake penghapus. trus coba cek periperalnya, bisa jadi chipset nya rusak. cek chipset kalo panas berlebih itu rusak, kalo dingin ga ada supply dr psu.

      Hapus
  6. Punya saya hidup normal, tapi beberapa menit suka mati sendiri, itu karena mainboard bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin prosesornya panas, coba cek prosesor dan chipset nya panas ga ? kalo pada bios panasnya lebih dari 60 derajat celcius. itu lumayan panas. coba ente buka heatsink nya, mungkin pastanya udh kering, atau mungkin kipasnya udah lemah. saran saya ganti aja pastanya (beli di toko komputer banyak harganya 20rbuan, catatan : jgn pake pasta gigi), kalo masih pana sekalian aja beli kipas prosesor yg baru, kalo ga salah harganya 30-100rb

      Hapus
  7. gan,mau tanya, touch pad laptop ASUS A43S kena air yg mnyebabkan laptop mati total. Brp kira-kira biaya servis ? soalnya sdh tdk garansi

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepatnya kurang tau.tp tidak terlalu mahal.

      Hapus
    2. sy benerin motherboard pc aja udh 200rb, mungkin kalo laptop nyampe 400-500rbuan gan

      Hapus
  8. Gan mau nanya, jadi laptop hidup normal, ane tinggalin sebentar, terus pas ane liat laptop layar jadi hitam garis merah, langsung ane matiin paksa, pas dicoba idupin gaada gambar keluar, keyboard ga,nya cuma power usb yang nyala, mohon bantuannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar bagian dr lcd nya kena gan, coba agan bawa k tukang servis laptop aja.

      Hapus
  9. maaf gan saya tukang servis kulkas..kalo soal komputer saya belum paham mas

    BalasHapus
  10. gan kompi ane kesamber petir kemaren dalam kondisi ( lan konek internet)
    abis itu pc ane mati, trus ane hidupin lagi semuanya normal ( ram cpu hdd psu vga semua normal ) tapi lan port tewas
    nah anehnya itu pc gw setiap di shut don otomatis hidup lagi, itu knapa ya gan?

    BalasHapus
  11. netbook saya pernah kena air teh tp langsung sy matiin dan sy angin2kan selama lebih 2 minggu.
    setelah itu netbook sy pakai kembali dan normal.
    setelah 6 bln netbook sy mulai error...suka muncul item2 lain dgn sendirinya tanpa sy klik...dan semakin lama semakin parah dan akhirnya tombol klik kanan ga berfungsi.
    akhirnya sy service dan setelah dicek katanya rusak di motherboard dan keyboard serta baterai soak. biaya service nya 800rb.
    krn saya perlu netbooknya akhirnya sy iyakan untuk diservice.
    namun setelah selesai...baru dipakai 2 hari sudah menunjukkan gejala ga baik...yg artinya mulai ada tanda2 error terlihat dr munculnya menu windows help and support dengan sendirinya dan setiap sy mau klik program dan menu itu ga bisa diclose sehingga sy kesulitan mengoperasikan netbook.
    dan ketika sy buka word untuk mengetik jg muncul menu word help...jg ga bisa diclose...itu knp ya?
    apa mungkin sy uda ditipu sm tukang service nya krn sy ga ngerti elektronik?
    padahal uang yg sy keluarkan untuk service jg modal minjem...mohon saran dan pencerahanny.trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kemungkinan keyboard masih error, spoerti ada key yg neken sendiri..

      Hapus
  12. merk ecs H61H2 m13v/DDR 3/socket1155
    permasalahan saya adalah fan prosesor cma bisa hidup sebentar aja, padahal sebelumnya saya baru aja instal ulang OS dan driver aslinya ketika restart sudah OFF dan setelah itu saya sudah clear C-Mos tp ttp tidak ada perkembangan

    NB : saya sudah lepas HDD dan DVD, dalam arti kata Mobo cma terpasang RAM dan power supply aja

    BalasHapus
  13. laptop saya sudah setahun lebih gak pernah error teh tapi pas sekarang setiap laptop dinyalain dan lampu indikatornya nyala tapi gak nampillin apa apa terus beberapa menit kemudian suka mati sendiri teh itu ada masalah di apanya

    BalasHapus
  14. pc saya ketika di nyalakan, bisa masuk windows, tapi layar mati.. ketika vga di coba di cpu teman ternyata msh nyala... apakah itu kerusakan pada slot vga di mainboard.. mohon petunjuknya suhu

    BalasHapus
  15. mungkin bener juga gara gara pake charge bukan bawaan, mainboard nya rusak
    faquha.com

    BalasHapus
  16. Cpu gk tampil di monitor , kipas cpu nyala, setelah 5 menit, prosessor tetap dingin hangt saja tidak, tapi chipser northbrige panas bgt. Permasalahannya motherboard atau prosesornya yg rusak?

    BalasHapus
  17. Gan klo servis motherboard untuk di jakarta bekasi dimana ya ?? Laptop asus ane lampu indikator nya nyala tpi layar kga nyala , waktu itu ketumpahan kopi ,, trus biaya servis motherboard nya kira" brpa gan ??thanks mhon infonya

    BalasHapus
  18. Gan klo servis motherboard untuk di jakarta bekasi dimana ya ?? Laptop asus ane lampu indikator nya nyala tpi layar kga nyala , waktu itu ketumpahan kopi ,, trus biaya servis motherboard nya kira" brpa gan ??thanks mhon infonya

    BalasHapus
  19. Kenpa computer saya gak Mau nyala/tampil d layar monitor.. Dan lampu d keyboard berkedip" terus..

    BalasHapus
  20. Mobo mati mulu.. uda ganti rusak lagi.. biang keroknya apa ya... oh ya sebelum itu hdd uda wafat duluan
    ..

    BalasHapus
  21. selamat siang gan , saya mau tanya gan, moderboot laptop saya msuk semmut dan tanah gan , apakah masih bisa di benerin th gan . maksih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  22. Maaf gan saya mau nanya,laptop saya itu kipas bunyinya pelan tp terus kenceng habis itu laptop nya tiba" mati dan batrai nya itu g kedetek. Minta solusinya gan
    Makasih

    BalasHapus
  23. Numpang tnya,,vga hidup,ram hidup hdd hidup dimonitor kebaca semua.tapi port usb tak ada yg fungsi.port mouse and keyboard bisa,kira2 apa problemnya y

    BalasHapus
  24. Numpang tnya,,vga hidup,ram hidup hdd hidup dimonitor kebaca semua.tapi port usb tak ada yg fungsi.port mouse and keyboard bisa,kira2 apa problemnya y

    BalasHapus
  25. mau tanya gan laptop saya acer pas pencet power cuma nyala indikatornya aja sekitar 2 detik trus mati lagi.. apa ini rusak motherboardnya? kira" biaya servis berapa ya gan? makasih

    BalasHapus
  26. Gan,mobo ane mobo evga dan msi gaming, socket nya bengkok/patah bisa perbaiki kah gan?..terima kasih

    BalasHapus
  27. gan, klo hdd ane sering hilang dlm bbrapa saat itu apa solusi nya ya?
    sudah di pindah sata nya tetap sama,klo saya scan lagi baru muncul kembali

    BalasHapus
  28. Kalo rusaknya gara2 kena air gabisa dobenerin gan?

    BalasHapus
  29. Malam gan mau nanya kalo socket prosesor rusak dperbaiki bisa tidak.

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Maaf mau tanya kalo laptop asus lampu led doang idup tapi layar gak menunjukkan tanda kehidupan itu gmna ya? Trs dipatiin paksa juga gabisa cabut batre trs pasang lg tetep lampunya masih nyala mohon bantuannya thx

    BalasHapus
  32. Mau tanya ni, Laptop saya klo dihidupin tu hidup tapi gak ada tampilan apa''. Trus selang beberapa detik mati lagi. Ap ya kira''penyebabnya?

    BalasHapus
  33. pak admin saya mau tanya saya punya mobo xfx lga 775 ddr 2 dan asus lga 775 ddr3.

    yang xfx hanya nyala 2 detik lalu mati.pas nyala kipas muter.itu kenapa ya

    2.dan yang asus rusak karena tiba tiba bau gosong di bagian slot vga nya.pas di check elco aman semua.pas pasang lagi di nyalain malah mati total hanya lampu mobo aja yang nyala kipas mati..

    mohon pencerahan nya.ntuk kedua mobo saya itu. terima kasih

    BalasHapus
  34. Laptop aku mati total, tapi lampu LEDnya nyala terus, apakah itu kerusakannya pada motherboard?
    Mohon bantuannya....

    BalasHapus
  35. Selamat malam, laptop saya sudah di ganti baterainya tapi tetap saja ngedrop dan suhu awalan pada waktu menyala panas apakah tanda- tanda kena motherboardnya mohon arahan? trims

    BalasHapus
  36. Gan mau tanya, NB dell INSP 3162 saya itu monitornya mati tapi mesin menyala. Kira-kira yg rusak apanya?

    BalasHapus
  37. Selamat malam....
    Saya mau tanya kenapa ya laptop saya restrat terus...
    Pdhal sdh d bersihkan dalemnya trs kemungkinan pastenya lalu d gnti dg yg baru kok tetap restart2 terus itu kenapa ya??
    Mohon bantuan menjawabnya..
    Apakah motherboard nya yg rusak atau gimana??d instal windows jg msih tetap restart terus menerus..

    BalasHapus
  38. Maaf kak mau nanya, kalo laptopnya mati total trus lampu indikatornya masih kedip" itu karna motherboard bukan?

    BalasHapus
  39. Kira2 biaya servicenya brp ya kaks?

    BalasHapus
  40. Kira2 biaya servicenya brp ya kaks?

    BalasHapus
  41. Kalo laptop dinyalain terus mati lagi belum sempet idup itu apanya gan

    BalasHapus
  42. Waktu saya servicekan PC diberitahu bahwa mainboard kapasitornya sdh banyak yg mlendung kemudian dicarikan ganti mainboard seken saat sekarang mainboard tadi masih nganggur tapi untuk chipset (apa namanya IC nya) dipakai untuk mainboard pengganti .Apakah kira2 mainboard nya masih bisa diperbaiki untuk digunakan PC lain ? ya mestinya dibelikan IC nya.terima kasih.

    BalasHapus
  43. Kak mo nanya...laptop saya mati dihidupkan gak bisa...pernah dbawa ke service katanya motherboad nya kena...trz pernah saya tanyakan klopun bisa di service it ktanya gak sampe 1 tahun bisa kambuh lagi..solusinya gmna yaa kak??apakah bisa motherboad it dganti??
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. permisi , saya mau tanya tentang chipset yang konslet dan beberapa komponen pendukung yang juga kena , saya servis tapi blom kelar2 saya tanya ini katanya harus ganti mobo , ? Saya sendiri kurang begitu mengerti , mohon penjelasanya ya om, trus kalo semisal iya harus ganti mobo itu harga mobo accer z1402 kena brapa ya ? Mohon infonya ya

      Hapus
  44. kalau leptop saya tiba tiba mati total, tapi seminggu kemudian bisa dihidupkan lagi, kira" apa ya yg rusak, dan biaya service nya berapa ya?

    BalasHapus
  45. maaf brg x ada yang tau..laptop keadaan hidup kalau ada tanda wifi hidup monitor tidak hidup.kl tanda wifi g nyala.monitor normal kmbali..sy bw ke tmpt srvis slma 1minggu.d coba mlah jadi g nyala2 wlpun sdh dcarger.. mati total..laptop sy bw kmbali ke tmpt srvis itu...mrka manggil tukangnya.tukangnya diam sj..sy mnt tanggung jwab sy ksni utk mmprbaiki bukan utk drusak..trs nawarin laptop ini itu sy tdk mau d coba lagi katanya mainboard nya..sdh 3 bulan laptop sy dservis.itu knpa ya..kslhan yervis apa ada kaitan laptop.trma ksh

    BalasHapus
  46. Mohon pencerahannya laptop saya asus x450jn tiba2 tidak bisa menyala tetapi indikator baterai menyala, setelah saya lakukan pelepasan baterai dan saya pasang kembali mulailah saya menekan tombol power dan akhirnya menyala, masalahnya sering sekali laptop saya mati tidak dapat menyala kembali dan selalu saya cabut baterai terus, yg mau saya tanyakan kira2 kerusakannya apa ya? Dan apa yg harus diperbaiki? Terimakasih

    BalasHapus
  47. Mohon penjelasannya...
    Saya pnya lptop dell memang sudah lama saya beli sektar th.09/10an masih normal dan gak ada masalah apa2 smpai bbrpa minggu ini g bisa booting,jadi cuma nyala tulisan dell dan proses d bawah nya hanya smpai setengha aj,saya coba matikan-nyalakan berulang kali masih seperti itu. Kira2 apa yg rusak? Penyebab dan apabila masih bisa d servis, biaya sampai berapa??

    BalasHapus
  48. Kak mau tanya.. Laptop saya tiba" mati total krna jarang saya pakek/nyalain..itu kira" knpa ya kak? Klo d servis hbis brapa kira"? Mksih kak mohon infonya

    BalasHapus
  49. Gan mau tanya laptop Lenovo saya tiba tiba mati total ,setelah d cek k tukang servis mainboard nya rusak,yg saya tanyakan apa bisa di perbaiki trs harganya brp ya? Mohon ksh jawaban gan

    BalasHapus
  50. Mau nanya lcd nya gak nyala katanya mobo nya harus d benerin di ganti kira" berapa tak?

    BalasHapus